oleh

Banjir Rob Melanda Pemukiman Belawan Saat Rayakan Lebaran

Belawan 1newstvgroup.com- Sungguh sedih rayakan hari raya Idul Fitri 1443 H hingga lebaran kedua ini,  pemukiman warga di kawasan Belawan sekitarnya banjir pasang air laut (Rob).

Kawasan pemukiman ini memang sudah menjadi langganan banjir rob. Kali ini kondisi banjir rob mencapai selutut tersebut cukup membuat resah warga yang sedang merayakan lebaran untuk bersilaturahmi apalagi banjir rob muncul di siang hari sekira pukul 13.00 WIB hingga sore harinya.

Seorang warga, Basir saat dikonfirmasi mengatakan banjir rob sudah terjadi 2 hari.

“Sudah 2 hari belakangan ini banjir rob melanda Bang..bahkan hari Selasa siang ini (2/5/2022) banjir kembali melanda. Janji Pemko Medan hendak membangun tanggul rob hingga kini tak kunjung ada,” ungkap Basir.

Terpantau di lokasi, kondisi banjir pasang air laut masuk ke pemukiman warga hingga ke jalan-jalan protokol. Juga terlihat melebar hingga ke pusat kota jalan Sumatera Kota Belawan, sampai menenggelamkan lutut orang dewasa.

Menyisiri di jalan pedalaman warga Belawan seperti tampak di Kelurahan Belawan Bahagia, Belawan I, dan kelurahan Bagan Deli juga tampak banjir rob yang parah.

Begitu juga jalan di Young Panah Hijau Lingkungan 7 Kelurahan Labuhan Deli Kecamatan Medan Marelan jalanan sudah menganak sungai sulit dilalui kenderaan bermotor, bus serta angkot.

“Di jalan besar saja airnya sudah meluap kemana-mana, ini sudah tidak asing lagi terjadi di Belawan. Hendaknya pemerintah setempat memperhatikan hal yang urgent ini, mana mau bersilaturahmi lebaran? Harusnya ada solusi dengan terjadinya pasang air laut ini. Bagaimana pula yang di jalan- jalan setiap kelurahan, saya lihat airnya hingga ke lutut kaki kita,” kata Udin (43) salah seorang pengguna jalan. (Gus)

Komentar