oleh

Korlantas Polri Uji Coba Ganjil Genap di Tol Cikampek Mulai Besok

Jakarta 1newstvgroup.com– Korlantas Polri resmi memberlakukan uji coba skema ganjil genap (Gage) di ruas jalan tol mulai Senin (25/4/22) hingga Rabu (27/4/22) untuk mengantisipasi kemacetan akibat arus mudik mendatang.

Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes. Pol. Eddy Djunaedi menjelaskan dalam menerapkan rekayasa lalu lintas ganjil genap ini, Korlantas menggandeng Kementerian Perhubungan, dan Kementerian PUPR. Dengan aturan ini, diharapkan dapat membantu kelancaran arus mudik. “Kami akan melakukan uji coba mulai Senin hingga Rabu mendatang di Tol Cikampek. Sebagai upaya menjaga keamanan, keselamatan, kelancaran, dan kenyamanan masyarakat yang akan melaksanakan mudik,” jelasnya, Minggu (24/4/22).

Kombes. Pol. Eddy Djunaedi menjelaskan, sejumlah ruas di Tol Cikampek sudah disiapkan untuk pemberlakuan uji coba ganjil genap tersebut. Diantaranya pada Senin (25/4) pukul WIB, uji coba ganjil genap dilakukan di KM 47 sampai Gerbang Tol Cikampek Utara KM 70.

“Kemudian pada Selasa (26/4), ganjil genap akan diterapkan di KM 47 sampai Gerbang Tol Palimanan KM 188 dari pukul WIB. Lalu di hari Rabu (27/4) gage dimulai pukul WIB di KM 47 sampai Gerbang Tol Kalimgkung KM 144,” jelas Kabag Ops Korlantas Polri.

Kabag Ops Korlantas Polri menyebut, jika dalam pelaksanaan uji coba ganjil genap ini tidak berjalan efektif. Maka, lanjut Eddy, kepolisian akan mengeluarkan diskresi sistem contra flow hingga One way atau sistem satu arah. “Dan apabila masih terjadi kepadatan melebihi batas maksimal, maka kami akan terapkan sistem one way,” jelasnya.

Kombes. Pol. Eddy Djunaedi mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan aktivitas mudik untuk tetap mematuhi aturan lalu lintas dan arahan petugas di lapangan. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk selalu memantau informasi mengenai arus mudik.

“Kepada masyarakat yang hendak mudik, mohon betul-betul cek kesiapan fisik maupun kendaraan anda, juga mengupdate informasi mengenai mudik. Besar harapan kami mudik tahun ini dapat berjalan lancar dan optimal,” terang Kabag Ops Korlantas Polri.
(Redâ„¢)

Komentar