Pemerintah Bentuk Indonesianna Fund untuk Dukung Pengembangan Budaya

JAKARTA INEWSTVGROUP.COM- Dalam rangka mendukung pembangunan budaya yang stabil dan berkelanjutan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan Kementerian Keuangan telah meluncurkan Indonesiana Fund.

Dana Indonesiana adalah dana abadi dengan dana utama yang tidak akan digunakan untuk kebutuhan lain dan akan terus diinvestasikan khusus di bidang budaya. Dana primer akan terus ditingkatkan dan diakumulasikan setiap tahunnya. Hasil pengelolaan dana primer tersebut selanjutnya akan digunakan sebagai sumber dana untuk berbagai kegiatan budaya.

“Sebagai mekanisme pengelolaan dana pendidikan, termasuk kebudayaan, kami membentuk dana abadi ini. Filosofi endowment fund adalah mengamankan agar dana yang kita alokasikan setiap tahun tidak habis habisan di akhir tahun, bisa ditaruh di celengan. Dalam mekanisme negara, celengan tersebut disebut Badan Layanan Umum (BLU). Untuk itu kami membuat celengan yang diberi nama Dana Pembangunan Pendidikan Nasional (LPDP), sehingga setiap tahun kami menyetorkan dana tersebut ke sana,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di acara Merdeka Belajar, Rabu (23/03).

Menurut Sri Mulyani, sejak tahun 2020 Kementerian Keuangan mulai mengalokasikan dana abadi untuk budaya yang ditabung di LPDP sebesar Rp1 triliun, kemudian pada tahun 2021, kementerian menyetor lagi Rp2 triliun, sehingga jumlah dana saat ini Rp3 triliun.

“Sekarang dengan berdirinya Indonesianna Fund, kita bisa memenuhi janji Bapak Presiden untuk mencapai Rp5 triliun. Tahun depan kita harapkan bisa diisi ulang sehingga mencapai Rp5 triliun,” ujarnya seraya menambahkan bahwa dana abadi ini harus dimanfaatkan dengan tata kelola yang baik yang dapat diperhitungkan karena sumbernya adalah uang negara.

Sebagai catatan, pemanfaatan Dana Indonesiana tidak hanya direncanakan oleh Pemerintah tetapi juga oleh pemangku kepentingan di bidang budaya, dewan pengarah program, dan panitia pemilihan substansi yang terdiri dari pakar di bidang budaya, seniman, dan influencer di bidang budaya.
(Humas Kementerian Keuangan/JW) (DH/HD/MMB/RED™)

Artikel yang Direkomendasikan

Comment

error: Content is protected !!