Kejaksaan Negeri Way Kanan Menghadiri Kegiatan launching ETLE Nasional Presisi Tahap 2 di Mapolres Way Kanan

WAYKANAN INEWSTVGROUP.COM– Kejaksaan Negeri Way Kanan diwakili oleh Jaksa Fungsional Dicky Destrienko SH menghadiri kegiatan launching ETLE Nasional Presisi Tahap 2 di Mapolres Way Kanan, Kegiatan ini dibuka langsung oleh Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo serentak secara nasional, pada launching ETLE Nasional Presisi Tahap 2 ini berkolaborasi dengan Weight in Motion untuk menindak kendaraan ODOL.Sabtu 26 Maret 2022

Korlantas Polri sendiri telah menerapkan tilang elektronik di jalan tol sejak 25 Januari 2022 hingga 21 Maret 2022. Namun ini masih tahap sosialisasi dan penindakannya masih dalam bentuk preventif.

Selama masa sosialisasi tersebut, Korlantas Polri mencatatkan 29.838 kasus kendaraan over load atau kelebihan muatan. Sementara ada 21 kendaraan yang melanggar over dimension atau dimensi berlebih.

Mulai awal April 2022, Polri dan operator jalan tol akan berkoordinasi untuk mengoperasikan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dengan teknologi Weight in Motion.

Teknologi WIM ini akan terpasang di tol yang dikelola Jasa Marga Group. Ruas tol yang bakal diterapkan tilang ETLE tersebut antara lain JORR Seksi R, Jagorawi, Jakarta-Tangerang, Padaleunyi, Semarang A, B, dan C, Ngawi-Kertosono, serta Surabaya-Gempol.

Adapun total dari sebanyak 244 kamera ETLE yang akan diluncurkan di 12 Polda tersebut, diantaranya terdapat 98 titik Polda Metro Jaya, 56 titik Polda Jawa Timur, dan 21 titik Polda Jawa Barat.

Kemudian, terpasang pula 16 titik di Polda Sulawesi Selatan, 11 titik Polda Sulawesi Utara, 10 titik Polda Jawa Tengah, 10 titik Polda Sumatera Barat, 8 titik Polda Jambi, 5 titik Polda Lampung, 4 titik Polda Daerah Istimewa Yogyakarta, 4 titik Polda Riau, dan 1 titik Polda Banten.

Diakhir sabutanya Kapolri menyampaikan bahwa dengan program ETLE Nasional tersebut, menjadi salah satu program perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi). Berharap agar membangun sebuah sistem penegakkan hukum dan pelayanan masyarakat dengan menggunakan teknologi informasi.
(Redâ„¢|Chandra)

Artikel yang Direkomendasikan

Comment

error: Content is protected !!