oleh

Upaya Jaga Kamtibmas di Wilayah Hukum Kabupaten Pesawaran, Kapolres Gandeng Tokoh Adat

Pesawaran (Lampung) 1newstvgroup.com- Upaya menjaga Kamtibmas di wilayah hukum Kabupaten Pesawaran membutuhkan peran serta berbagai pihak, antara lain para tokoh adat yang ada di Bumi Andan Jejama.

Karenanya, Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo melakukan silaturahmi atau Anjau Silau di kantor Majelis Punyimbang Adat Lampung (MPAL) Kabupaten Pesawaran, Rabu 23 Maret 2022.

Kapolres berharap, program kepolisian setempat turut mendapat dukungan dari tokoh adat maupun masyarakat secara luas. Selain itu, mantan Kasat Narkoba itu juga siap mendukung penuh kegiatan yang bertujuan melestarikan adat dan budaya setempat.

“Secara khusus, kami dari kepolisian mengapresiasi atas apa yang sudah dilakukan oleh seluruh tokoh adat terutama yang tergabung di dalam MPAL Pesawaran dalam menjaga kerukunan serta stabilitas sosial masyarakat. Sekali lagi, mohon dibantu juga kami dari Polres Pesawaran dalam menjaga Kamtibmas,” kata dia.

Selain itu, Pratomo juga memaparkan program vaksinasi di wilayah setempat telah memberikan dampak positif berupa penurunan jumlah kasus positif Covid-19. Hal itu juga terjadi karena dukungan masyarakat dan tokoh adat.

“Semoga Pesawaran selalu kondusif, sehingga program pembangunan pemerintah daerah dapat berjalan baik, masyarakat rukun damai dan tingkat kriminalitas dapat kita tekan,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua MPAL Pesawaran Farifki Zulkarnayen gelar Suntan Junjungan Makhga mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi atas kunjungan silaturahmi yang dilakukan Kapolres Pesawaran.

“Tentu sinergi yang dilakukan antara kepolisian Polres Pesawaran dengan MPAL ini bisa berdampak positif bagi masyarakat Bumi Andan Jejama dan bisa bersama-sama untuk menjaga Kamtibmas masyarakat di Kabupaten Pesawaran,” sampainya.

Tak hanya itu saja, Sekretaris MPAL Pesawaran, Rama Diansyah gelar Paksi Sejati mengatakan, pihaknya akan mendukung program yang berdampak positif bagi masyarakat Pesawaran, khususnya dalam upaya menjaga kerukunan serta menciptakan suasana kondusif.

“Sebab Kabupaten Pesawaran merupakan kota penyangga Ibu Kota Provinsi Lampung, ini juga harus menjadi perhatian bersama, bahwa angka kriminalitas dan kejahatan yang terjadi ternyata banyak dilakukan oleh orang luar Pesawaran,” katanya.

Menurut Rama, upaya menekan kejahatan dan kriminalitas dapat dilakukan dengan cara melakukan pendekatan persuasif kepada masyarakat guna memberikan edukasi dan menanamkan kesadaran pentingnya menjaga kamtibmas.

Dalam silaturahmi tersebut hadir juga Ketua Harian MPAL Pesawaran Erland Syofandi gelar Suntan Penatih, Kasat Intelkam Polres Pesawaran Iptu Santiko Dartiyo, Wakil Ketua MPAL Pesawaran Yusak Gelar Pengikhan Sangun Ratu, Zaipullah Gelar Jaksa Batin, dan Antoni Rozali gelar Paksi Kanjang.

(*/tejo)

Komentar