Kenduri Laut Masyarakat Pesisir Pantai Labu Bersama FSKN Sukses Terlaksana

Deli Serdang, NEWSTVGROUP– Tradisi yang berkembang di Indonesia sangatlah unik, satu di antaranya tradisi Kenduri Laut di Pantai Putra Serdang Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Senin (21/03/2022).

 

 

Forum komunikasi Keraton Nusantara bekerjasama dengan masyarakat empat desa menggelar kenduri atau jamu laut dengan mengorbankan seekor kerbau yang nantinya untuk dipersembahkan ke laut , sebagai ucapan syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT dengan kekayaan hasil laut selama ini.

 

Hadir dalam Jamu Laut Bupati Deli Serdang yang diwakili Dinas Perikanan Ir Sarifah Alawiyah MMA, Ketua Umum FSKN Brigjen Pol Purn Dr. Andi A Aflus Mapparessa, Ketua FSKN Sumut Tengku Mira Sinar, Camat Pantai Labu Rahmad Azhar SSTP, Danramil 23 Mayor Inf AH Pane, Danpos Lantamal Pantai Labu Zabidi, Kanit Markas Polairud Deli Serdang IPDA Turisno

 

 

Ketua panitia Kenduri Laut, Rusdi mengatakan, kenduri laut hari ini yang dilaksanakan di Pantai Serambi Deli adalah kenduri laut yang kedua, dimana sebelumnya juga telah dilaksanakan pada tahun 2018 dan tahun ini tahun 2022, ucapnya.

 

 

Kegiatan ini adalah inisiatif empat Desa, yakni Desa Denai Kuala, desa Paluh Sibaji, Desa Regemuk dan Desa Pantai Labu Pekan.

 

Kenduri laut ini didanai oleh dana CSR dari empat desa yang dikumpulkan selama ini atas kerjasama dengan pemdes, ucapnya.

Kenduri Laut ini juga bertujuan sebagai tanda syukur masyarakat atas hasil bumi laut yang kita nikmati selama ini dan kita kembalikan kembali kepada laut sebagai rasa syukur, ucapnya.

 

Abdul Hafiz Tokoh masyarakat yang mewakili 4 Desa mengatakan, bahwa kegiatan kenduri laut ini atas kerjasama pemerintah empat desa dengan FSKN Sumut dengan menggunakan dana CSR yang terkumpul selama ini sehingga terselenggaranya acara ini dengan lancar, ucapnya. Kami juga mengucapkan Terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh masyarakat empat desa yang hadir, juga kepada pemerintah Kabupaten Deliserdang, tutup nya.

 

 

Sementara itu Ketua Umum FSKN Brigjen Pol Purn Dr. Andi A Aflus Mapparessa mengatakan, Sebagaimana laut adalah ciptaan Allah SWT sehingga kita sebagai penikmat hasil laut agar kita lestarikan laut dengan menjaga sebaik-baiknya.

 

Dengan kenduri laut ini, Selama 3 hari laut ini istirahat tak boleh menangkap ikan di laut, begitu besar nikmat laut yang kita rasakan selama ini, sehingga dengan kenduri laut ini kita kembalikan  lagi ke laut dengan kita ucapkan rasa syukur dan terima kasih atas nikmat yang diberikan.

 

Kita berharap kenduri laut ini menjadi agenda budaya sehingga masyarakat mendapat manfaatnya dan perekonomian masyarakat meningkat, pungkasnya.

 

Mewakili Bupati Deliserdang dari Dinas Perikanan Ir Sarifah Alawiyah MMA menyampaikan, Sebagai manusia kita harus dapat mensyukuri apa yang diberikan Allah, khususnya para nelayan yang selama ini menggantungkan hidupnya di laut.

Saya berharap kepada nelayan agar mematuhi peraturan yang ada khususnya lintas batas. Jangan melakukan melewati lintas batas yang telah diatur selama ini, ucapnya.(A

Artikel yang Direkomendasikan

Comment

error: Content is protected !!