Pemdes Bogorejo Gelar Musdesus Penetapan KPM BLT – DD TA 2022

 

Lampung 1newstvgroup.com- Pemerintah desa (Pemdes) Bogorejo kecamatan Gedong Tataan menggelar Musyawarah desa (Musdesus) penetapan penerima BLT DD tahun anggaran 2022 di laksanakan dibalai desa Desa Bogorejo.tahun ini Pemdes Bogorejo menerapkan penyerapan anggaran dana Desa DD sebesar 40 persen untuk program BLT -DD sebagaimana tertuang Perpres RI nomor 104 tahun 2021.

Kepala desa Bogorjo Suherman saat membuka Musdes menjabarkan.

“Kemarin penyerapan anggaran Dana Desa Untuk BLT di desa Bogorejo cukup besar, dan pengajuan masyarakat penerima BLT tahun 2022 cukup Signifikan, Sekarang kita melakukan Musdesus untuk merampingkan yang sudah mendapat bantuan lain seperti Bansos, sekaligus menambah nama KPM yang belum ter-cover bantuan, ungkap Kades Herman di balai desa Bogorejo Sabtu (19/2/2022).

Herman mengatakan jika tahun 2022 Pemdes Bogorejo menerima anggaran Dana Desa DD sebesar 1,1,5. miliar Rupiah, 40 persen dikhususkan untuk BLT-DD dan 8 persen untuk penanganan Covid-19. dan 20 persen untuk ketahanan pangan.

“Musdes ini bertujuan untuk mengevaluasi data, dan penetapan KPM BLT DD, Alhamdulillah masyarakat dan BPD turut hadir memantau pelaksanaan penetapan penerima BLT DD 2022, dan untuk keluarga penerima manfa’at bantuan langsung tunai dana desa KPM BLT-DD desa Bogorejo tahun anggaran 2022 sebanyak 135 KPM, ucapnya.

“Saya mengimbau warga penerima BLT-DD untuk memanfaatkan bantuan secermat mungkin. Mengingat saat ini masih pandemi Covid-19 dan perekonomian masih belum pulih,” imbaunya.

” Dan saat ini, lanjut Herman, perlu kami ingatkan kembali, agar masyarakat tetap mematuhi prokes, supaya kita semua terbebas dari virus covid – 19, tentunya dengan menerapkan budaya memakai masker, kata dia.

“Tujuan dari pemerintah untuk memulihkan pererkonomian dimasa pandemi, ini ga bisa ditawar lagi, ini tahun bagi bagi duit, tapi kemampuan kita terbatas untuk menganggarkan, dan dari 40 persen tersebut sebanyak 135 KPM dari delapan dusun yang ada di Desa Bogorejo, dan tentunya di delapan dusun akan berbeda-beda, tergantung tingkat kemiskinannya.

“Ditahun ini, lanjut Herman, ada perluasan dalam hal ini dinas sosial, untuk warga yang sudah menerima bansos mohon dikoreksi. Dan untuk masyarakat yang sudah menerima bansos tidak lagi mendapat (KPM) BLT DD,ujarnya.

“Nanti ada tim penyeleksi dari BPD, pokoknya saya tidak mau tahu, apabila masyarakat itu sudah masuk kriteria tolong dimasukan dan diverifikasi, imbaunya.

“Musyawarahkan sebijak mungkin, dan tolong dilihat sesuai kelayakan,jangan sampai yang punya sawah berhektar – hektar dapat bantuan, karna masih banyak yang membutuhkan bantuan, jangan sampai perangkat desa saya nantinya disalahkan, pungkasnya.

Sementara Ketua BPD Desa Bogorejo Ngateno, mengatakan.

” Musdesus hari ini membahas penetapan Keluarga Penerima Manfa’at Bantuan Langsung Tunai Dana Desa KPM BLT – DD tahun 2022. kata Ngateno.

” Untuk Proposal pembangunan dari masyarakat untuk sementara kita tunda dulu, karna saat ini kita fokus pada pemulihan ekonomi yaitu BLT – DD. Jadi saya minta kepada masyarakat jangan berkecil hati, terangnya.

“Untuk itu terkait BLT – DD kita musyawarahkan bersama sama, jangan sampai menjadi omongan yang tidak baik dihari kemudian, kata Ngateno.

Dirinya bersyukur desa Bogorejo akan menerapkan penyaluran BLT-DD sebagaimana Perpres RI nomor 104 tahun 2021.

“Kita tadi melakukan koreksi nama nama KPM, mana yang layak menerima dan yang tidak layak menerima,” katanya.

” Penerima BLT-DD, sudah dilakukan pendataan dengan sangat hati hati, agar bantuan ini tepat sasaran,tentunya ini akan menjadi beban moral, mengingat warga yang mengajukan bantuan tersebut cukup banyak, ucapnya.

” Pesan kami, jika nanti nama nama yang muncul sebagai penerima BLT-DD, itu memang prioritas penerima bantuan, tukasnya.

Hadir dalam Musdesus, Kepala desa Bogorejo Suherman, Ketua BPD, Ketua LPM, Ketua Bumdes, pendamping desa,tokoh agama,tokoh masyarakat, tokoh pemuda, Babinsa dan Babinkamtibmas, serta masyarakat desa setempat, (tejo)

Artikel yang Direkomendasikan

Comment

error: Content is protected !!