oleh

Presiden Jokowi Terima Kasih Pers yang Suarakan Optimisme di Masa Pandemi COVID-19

Bogor Inewstvgroup.com– Presiden Joko “Jokowi” Widodo Rabu (02/09) menghadiri acara puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, di Provinsi Jawa Barat. Puncak acara peringatan HPN 2022 digelar di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Atas nama rakyat, bangsa, dan negara, saya mengucapkan selamat kepada pers Indonesia atas peringatan Hari Pers Nasional,” kata Presiden Jokowi.

Di tengah Pandemi COVID-19, pers Indonesia tetap mampu berperan penting dalam menyebarluaskan informasi, meningkatkan literasi, menyuarakan optimisme, dan membangun harapan agar seluruh masyarakat tetap kuat menghadapi dampak pandemi.

Sebelumnya, Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Atal S. Depari menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah atas inisiatifnya untuk memberikan kesempatan kepada pers Indonesia untuk menerima vaksin COVID-19 pada periode awal kampanye vaksinasi nasional mengingat pers Indonesia berdiri. terdepan dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat.

“Kita semua ingat, pada peringatan HPN 2021 di Ancol, Provinsi DKI Jakarta, kami meminta vaksin COVID-19 untuk pers Indonesia. Permintaan kami diterima oleh Bapak Presiden, sehingga sebanyak 5.500 jurnalis telah divaksinasi pada periode awal dari gerakan vaksinasi nasional, ”katanya.

Senada dengan itu, Presiden Jokowi mengatakan Pemerintah telah memberikan 325 juta dosis vaksin kepada masyarakat yang terdiri dari dosis pertama, dosis kedua, dan dosis ketiga (booster). Pemerintah memiliki persediaan vaksin yang memadai untuk melaksanakan program vaksinasi nasional bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Tahun lalu, PWI meminta untuk mendaftarkan wartawan sebagai penerima vaksin awal dan kami hanya memiliki lima ribu dosis vaksin. Tapi sekarang, jika PWI meminta lebih, Pemerintah memiliki 143 juta dosis vaksin. Berapa pun permintaannya, sekarang Pemerintah bisa mengalokasikannya dengan pasokan vaksin yang cukup,” kata Presiden.

Dalam kesempatan itu, Adinegoro Journalistic Award diberikan kepada pers berdasarkan enam kategori. Kategorinya adalah sebagai berikut:

Kategori Media Cetak dimenangkan oleh Tim Harian Kompas dengan liputan bertajuk “Berbahaya, Masker Medis Palsu Beredar di Masyarakat”.
Kategori Media Siber dimenangkan oleh Tim IDN Times dengan liputan bertajuk “Bertaruh Nyawa, Berjuang Melawan Ganasnya COVID-19” (Mempertaruhkan Kehidupan di Masa Pandemi COVID-19, Melawan Krisis COVID-19).
Kategori Televisi dimenangkan oleh Tim CNN Indonesia TV dengan liputan berjudul “Menghapus Mereka yang Mati”.
Kategori Radio dimenangkan oleh Tim RRI Sintang dengan liputan bertajuk “Oksigen Terakhir untuk Ayah”.
Berita Kategori Foto dimenangkan oleh Sigid Kurniawan dari LKBN Antara dengan liputan bertajuk “Ganda Putri Indonesia Raih Emas Olimpiade” (Ganda Putri Indonesia Raih Emas Olimpiade).
Kategori Karikatur dimenangkan oleh Ashady dari JPNN.com dengan liputan bertajuk “Kritiklah Daku”.
Selain itu, sembilan kepala daerah menerima Anugerah Kebudayaan. Mereka adalah Walikota Padang Panjang, Bupati Magetan, Bupati Lamongan, Bupati Indramayu, Bupati Sumbawa Barat, Walikota Bengkulu, Walikota Surakarta, Bupati Buton, dan Bupati Lamandau.

Sebanyak 30 jurnalis menerima Penghargaan Kartu Pers Nomor Satu atas karya-karyanya yang luar biasa yang diakui secara nasional dan internasional.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatanganan MoU antara PWI dengan beberapa pihak, seperti Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, PT Astra Internasional Tbk, dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia.
(Red™)

Komentar